//
anda sedang membaca...
Berita Media

[Bekasi] Gara-gara 1 Pilihan, PPDB Online Sepi

Hari pertama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk tahun ajaran 2011/2012 di Kota Bekasi, Jumat (1/7) masih rendah peminat. Jumlah pendaftar yang mendatangi sejumlah sekolah negeri tak sebanyak pelaksanaan PPDB online tahun sebelumnya.

Di SMA Negeri 12, Kranji, Kota Bekasi, jumlah pendaftar di hari pertama belum mencapai 100 orang. Orangtua yang hendak mendaftarkan anaknya sudah mengantre sejak sekitar pukul 07.00. Hanya puluhan orangtua calon siswa yang terlihat saat pendaftaran dibuka sekitar pukul 08.00.

Berhubung hari Jumat, pendaftaran ditutup hingga pukul 11.30. Petugas meminta orangtua calon siswa yang belum sempat mengisi dan menyerahkan formulir untuk kembali lagi esok hari. “Sampai jam istirahat ini, baru 98 orang yang mendaftar. Pendaftaran ditutup sementara, dilanjutkan besok pagi. Hari Sabtu pendaftaran tetap dibuka, kecuali hari Minggu,” ungkap Ermiyanti, Sekretaris Panita PPDB Online SMAN 12, kemarin.

Tahun ajaran 2011/2012, SMA Negeri 12 menerima sembilan rombongan belajar dengan masing-masing rombongan belajar terdiri dari 44 siswa. Namun kursi yang diperebutkan dalam PPDB online berbasis Ujian Nasional (UN) untuk calon siswa dari dalam kota hanya 277 kursi, sementara siswa dari luar kota 20 kursi. Selebihnya, 20 kursi diperuntukkan bagi siswa yang menempuh jalur bina prestasi dan, 79 kursi lainnya lewat jalur bina lingkungan.

Menurut Ermiyanti, masih banyak orangtua calon siswa yang belum paham benar tentang syarat-syarat dan alur proses pendaftaran. Banyak juga terjadi kesalahan pengisian formulir. “Di SKHUN itu urutan nilainya kan dari bahasa Indonesia, bahasa inggris, terus matematika. Di formulir pendaftaran urutannya nggak sesuai urutan SKHUN, dari bahasa Indonesia, matematika, baru bahasa Inggris,” tuturnya.

Kondisi tak jauh beda juga terjadi di SMA Negeri 2 Kota Bekasi. Ketua Panitia PPDB SMAN 2 Kota Bekasi, Marudi mengatakan jumlah pendaftar hari pertama jauh lebih rendah dibanding tahun lalu. Dia memperkirakan, lonjakan jumlah pendaftar akan terjadi menjelang akhir tenggat pendaftaran. “Sekarang ini baru 200-an pendaftar, tahun lalu bisa sampai 500-an orang untuk hari pertama saja,” tuturnya, kemarin.

Dia menduga, rendahnya jumlah pendaftar PPDB online di hari pertama itu juga dipengaruhi keputusan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi yang hanya membolehkan pendaftar memilih satu sekolah negeri saja untuk PPDB online tahun ajaran 2011/2012 ini. “Mungkin orangtua siswa juga masih pantau-pantau dulu berapa batasan nilai terendahnya,” imbuhnya.

Kabid Bina Program Disdik Kota Bekasi Ali Fauzi, beberapa waktu lalu mengatakan, jika calon siswa tak diterima di sekolah negeri yang dipilihnya, maka otomatis siswa tersebut tidak lagi diperbolehkan memilih sekolah negeri lainnya. “Siswa yang tidak diterima di sekolah negeri pilihannya, harus bersiap ke sekolah swasta. Karena itu sebaiknya calon siswa mempertimbangkan dengan matang sekolah negeri mana yang akan dituju,” ujarnya.

PPDB online tahun ini, kata dia, akan berlangsung pada 1-6 Juli 2011 dan diikuti 40 SMP Negeri, 18 SMA Negeri serta 9 SMK Negeri. Hasil seleksi online itu akan diumumkan serentak 11 Juli 2011. Ada pun hasil sementara pendaftaran di tiap-tiap sekolah bisa dipantau melalui situs http://www.bekasi.siap-ppdb.com (chi)

sumber : http://www.wartakota.co.id

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: