//
anda sedang membaca...
Berita Media

[Pekanbaru] Wali Murid Kecewa PPDB Online

WAHYULI Asmara (44), orang tua calon peserta didik mengaku sangat kecewa dengan sistem online pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Pasalnya, sejak hari pertama pendaftaran, Kamis (23/6), nama anaknya tidak ada masuk dalam data yang akan dirangking bersama ribuan pendaftar lainnya.

Saat dirinya bertanya kepada pihak panitia PPDB di SMPN 5, tempat ia mendaftarkan anaknya, pihak panitia mengaku tak mengetahui apa yang menjadi penyebab tak bisa masuknya data anak Wahyuli saat dilakukan registrasi.

‘’Sejak hari pertama pendaftaran, sampai sekarang anak saya belum masuk rangking, juga tak ada di internet (website Disdik, red). Di sini (SMPN 5, red) panitia juga tak bisa memasukkan datanya. Katanya mereka akan melaporkan hal ini kepada Disdik,’’ ungkap Wahyuli kepada Riau Pos, Selasa (28/6) di SMPN 5 Pekanbaru. Dirinya pun merasa kebingungan harus melapor kepada siapa. Ia semakin terlihat panik karena kemarin adalah hari terakhir pendaftaran, Selasa (28/6). Sambil menunggu di ruang tunggu dan berharap panitia keluar dari ruangan memberikan penjelasan, perempuan warga Jalan Utama yang ditemani oleh anaknya tersebut, mondar mandir kebingungan.

‘’Hari ini kan terakhir pendaftaran, namun tak ada kepastian anak saya, mau melaporkan kemana lagi,’’ keluhnya terlihat lelah.

Dia dan Jasmine anaknya, sebenarnya telah mendaftar tiga pilihan sekolah, SMPN 5, SMPN 8 dan SMPN 35. Namun berdasarkan hasil rangking sementara di situs Disdik yaitu ppdb.pekanbaru.com, anaknya malah lulus di SMPN 25.

Padahal, Wahyuli maupun anaknya yang memiliki nilai rata-rata 8,90 tersebut, tak pernah mendaftar untuk SMPN 25. ‘’Hal ini jelas kesalahan petugas pendaftaran,’’ ungkapnya.

Panitia SMPN 5 Pekanbaru, Nurliana saat ditemui Riau Pos diruang pendaftaramengatakan pelaksanaan PPDB online berjalan lancar. ‘’Lancar-lancar saja, ada satu dua dokumen peserta yang tak bisa diregistrasi, selebihnya lancar,’’ ucapnya.

Kondisi serupa dialami Andrean, calon peserta didik SMAN 1 Pekanbaru. Dirinya memiliki nilai rata-rata 8,88 dengan pilihan sekolah SMAN 1, SMAN 5 dan SMAN 10. Namun hingga hari terakhir pendaftaran, namanya tak juga terdaftar di website. Orangtua Andrean saat itu pun terlihat emosi dan meminta penjelasan panitia PPDB online di SMAN 1.

Saat ditanya Riau Pos apa penyebabnya, panitia tak mau berkomentar. Kepala SMAN 1 Pekanbaru Khaidir menjelaskan masalah ini akan diatasi Disdik.

‘’Panitia hanya memasukkan data dan meregistrasi, sedangkan yang merangking ya Disdik, namun dengan sistem online ini tak ada lagi titip menitip,’’ ungkapnya.

Kekecewaan juga dialami Suheri, orang tua calon peserta didik lainnya. Anaknyadidaftarkan di SMAN 5, SMAN 1 dan SMAN 9.

‘’Saya lihat di situs yang lulus nilai rata-ratanya 8,70, sementara anak saya 8,73 kok tak masuk, ini ada apa?’’ sebut Suheri kepada Riau Pos yang saat itu berada di ruang tunggu Kepala Disdik Kota Pekanbaru. Dia ingin bertemu langsung dengan Kadis untuk meminta kejelasan soal itu.

Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Drs Yuzamri Yakub mengatakan, website Disdik sudah lancar. Terkait kesalahan pihak panitia, dia sebut panitia di sekolah salah memasukkan data saat registrasi. ‘’Namanya juga manusia pasti ada kesalahan dan juga mungkin karena ingin cepat-cepat karena ramai pendafatar, mungkin saat memasukkan dan meregistrasi salah mengetik angkanya, misalnya SMPN 25 jadi SMPN 35,’’ ucap Yuzamri, sambil menyebutkan Disdik telah membuka posko aduan terkait kasus-kasus tersebut di Kantor Disdik Pekanbaru Jalan Pattimura ujung.

Dia juga tak bisa memastikan apakah dengan kondisi ini, jadwal pengumuman hasil akhir 30 Juni akan diundur. ‘’Kemungkinan bisa saja, namun akan kami laporkan ke Wali Kota dulu jika ada perubahan,’’ ucapnya.(yls)

sumber : http://riaupos.co.id

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: