//
anda sedang membaca...
Berita Media

[Cirebon]PPDB Online SMP Negeri Dikeluhkan Orang Tua Siswa

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di SMPN 2, SMPN 4 dan SMPN 6 dikeluhkan banyak pihak. Selain tidak ada tes, kelulusan siswa yang mengambil pilihan di ketiga sekolah tersebut ditentukan hanya melalui Passing Great. Sehingga banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya selalu merasa cemas. Berbeda dengan RSBI yang menggunakan sistem online namun tetap ditentukan melalui hasil tes.

Hesti (37), warga Kota Cirebon, saat ditemui di SMPN2 mengaku kebingungan. Selain harus membuka internet juga mengisi beberapa kolom yang masih belum difahami.

“Saya bingung dengan sistem online, baik membukanya maupun cara mengisinya. Jadi ya terpaksa saat akan mendaftar saya terlebih dahulu meminta keterangan dari pihak sekolah SMPN 2 untuk membimbing cara mendaftar di PPDB Online,” terangnya, Selasa (3/7).

Demikian juga dinyatakan Rudi (41), saat berada di SMPN 4 Kota Cirebon. Ia mengaku masih ribet dengan sistem PPDB Online. Selain banyak hal teknis yang harus difahami, Rudi juga harus berhati-hati saat mengisi kolom-kolom yang berada di PPDB Online.

“Pokoknya sistem ini ribet dan banyak yang mengeluhkan. Selain juga orang tua harus terus memantau perkembangannya, jika hasilnya tidak lulus maka bisa langsung melanjutkan pada pilihan yang kedua, ya pokoknya ribet lah,” tandasnya.

Sedang Andiansyah, aktivis Mahasiswa Cirebon menegaskan, banyaknya siswa yang kebingungan saat akan mendaftar, akibat kurangnya sosialisasi pihak panitia PPDB kepada masyarakat. Selain itu PPDB Online ini lebih bersifat sentralistik yang seluruhnya menginduk ke Dinas Pendidikan. Sehingga tidak terlihat ada peran setidikpun bagi para guru dan Kepala Sekolah setempat dalam persoalan ini.

“Semua menyentral ke Dinas Pendidikan, Kepsek hanya bisa menerima sejumlah siswa yang dinyatakan lulus sesuai dengan kuota yang ada, diluar itu semuanya adalah urusan Panitia yang berada di Dinas Pendidikan,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua PPDB Online, Drs H.Haris menyatakan dirinya mengaku sudah bekerja keras untuk yang terbaik bagi terlaksananya PPDB Online di Kota Cirebon.

“Semua sudah saya lakukan agar pelaksanaan PPDB Online bisa berjalan mulus. Dan proses pelaksanaan PPDB Online ini juga diawasi oleh empat komponen masyarakat, seperti Dewan Pendidikan, DPD Knpi, LSM dan Komisi C DPRD Kota Cirebon,” ujarnya.

About investigasiberita

God Love we all ^_^

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: