//
anda sedang membaca...
Berita Media

[Cirebon]Sekolah Swasta Minta Aturan PPDB Online Diperketat

Sebagian besar sekolah swasta di Kota Cirebon berharap rencana pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online yang baru pertama kali dilaksanakan, akan meningkatkan jumlah siswa di sekolah swasta pada tahun ini.

Ketua Forum Komunikasi Kepala SMP/MTs Swasta Kota Cirebon Agus Sunandar mengharapkan, Dinas Pendidikan (Disdik) tegas dalam menerapkan aturan PPDB online sebagaimana yang disepakati.

Agus yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se-Kota Cirebon menyebutkan, setidaknya terdapat 31 SMP/MTs swasta di Kota Cirebon yang terancam mengalami penurunan jumlah siswa.

“Kami berharap penerapan PPDB online akan meningkatkan jumlah siswa di sekolah swasta,” ujar Agus saat ditemui usai sosialisasi PPDB online yang digelar Disdik di ruang Adipura Balai Kota Cirebon, Senin (18/06/2012).

Sejak delapan tahun terakhir, kata dia, sekolah swasta telah mengalami penurunan jumlah siswa. Di sekolah yang dikepalainya, yakni di SMP Widya Utama, pada tahun lalu jumlah siswa merosot hingga 50%.

“Ketidaktegasan aturan jadi penyebab utama kemerosotan jumlah siswa di sekolah swasta. Contohnya adanya pelaksanaan PPDB lanjutan yang membuat jumlah rombongan belajar (rombel) sekolah negeri jadi bertambah,” ujarnya.

Selain itu, kemerosostan jumlah siswa juga disinyalir akibat adanya aksi premanisme yang memaksa sekolah negeri menerima siswa ‘titipan’.

“Padahal, kelangsungan sekolah swasta mengandalkan banyaknya jumlah siswa baru,” tambahnya.

Terkait hal itu, Kadisdik Kota Cirebon Anwar Sanusi mengatakan, pelaksanaan PPDB online salah satunya bertujuan menciptakan transparansi dalam penerimaan siswa baru.

“Dengan adanya PPDB online, setiap orang bisa mengawasi peserta didik baru yang mendaftar. Semua data peserta, termasuk nilainya tercantum, sehingga tidak akan ada lagi siswa titipan,” tegas Anwar.

Dia juga meminta sekolah swasta agar tidak perlu khawatir akan kekurangan siswa baru karena PPDB online juga bertujuan untuk melindungi sekolah swasta.

About investigasiberita

God Love we all ^_^

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: