//
anda sedang membaca...
Berita Media

[Solo]Jurnal PPDB Online SMA Hari Kedua

Pendaftar SMK negeri berstatus non-Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Kota Solo membeludak. Hingga hari kedua pendaftaran, Selasa (3/7) pukul 10.30 WIB, jumlah pendaftar ke SMKN 7 sebanyak 770 siswa. Sedangkan di SMKN 1 sebanyak 275 siswa.

Kepala SMKN 7 Solo, Edi Haryana, mengungkapkan pendaftaran PPDB SMK dilakukan secara offline. Pasalnya siswa harus mengikuti tes khusus setelah mendaftar. Dibandingkan tahun lalu, terangnya, jumlah pendaftar SMKN 7 tahun ini meningkat lebih dari 300%. Tahun lalu jumlah pendaftar hanya 253 orang. Meningkatnya jumlah pendaftar, tak lepas dari usaha yang dilakukan SMKN 7 Solo. Tahun ini SMKN 7 membuka dua kompetensi keahlian, yaitu Broadcasting dan Patiseri.

“Saya membuat tim khusus yang bertugas melakukan promosi ke SMP-SMP. Setiap ada kesempatan juga saya gunakan untuk promosi,” terangnya saat ditemui wartawan di SMKN 7 Solo, Selasa.

Semakin diminatinya SMK, terangnya, karena saat ini banyak siswa dan oragtua yang berorientasi bisa cepat kerja, setelah lulus sekolah.
Wakil Kepala SMKN 7 Bidang Kurikulum, Anwari didampingi Sekretaris PPDB SMKN 7, Rommy Setiawan, menguraikan jumlah pendaftar kompetensi keahlian Pekerja Sosial sebanyak 116 siswa, Multimedia 373 siswa, Broadcasting 52 siswa, Akomodasi Perhotelan 141 siswa, Patiseri 88 siswa.

Sedangkan kuotanya untuk kompetensi keahlian Pekerja Sosial sebanyak 160 siswa, Akomodasi Perhotelan 120 siswa, Patiseri 80 siswa, Multimedia 108 siswa dan Broadcasting 72 siswa. “Sesuai aturan Disdikpora, rombongan belajar di SMK untuk kelompok teknik informatika (TI) dibatasi maksimal 36 siswa/kelas dan non-TI sebanyak 40 siswa/kelas,” jelasnya.

Sistem seleksi, ungkapnya, mempertimbangkan nilai Ujian Nasional (UN) dengan bobot 80% dan nilai tes khusus dengan bobot 20%. Tes khusus meliputi wawancara, tes tertulis dan kesehatan. Pengumuman siswa yang diterima dijadwalkan Jumat (6/7).

Jika setelah pengumuman masih ada kuota kompetensi keahlian tertentu yang belum terpenuhi, terangnya, siswa yang awalnya mendaftar kompetensi keahlian lain namun tidak diterima, diberi kesempatan mendaftar kembali ke SMKN 7 dengan memilih kompetensi keahlian yang belum terpenuhi kuotanya.

About investigasiberita

God Love we all ^_^

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: